12.06.2010

Ciri-Ciri Bahasa Iklan (TUGAS SOFTSKILLS)

Bahasa yang digunakan di dalam iklan selalu memberi sugesti atau mengarahkan masyarakat agar mengkonsumsi atau melakukan aksi tertentu. Sebagai mana komunikasi yang efektif, iklan yang efektif harus mampu membangun persepsi masyarakat konsumen menjadi seperti yang dikehendaki pemasang dan pembuat iklan, yaitu bahwa menggunakan barang dan jasa yang diiklankan atau melakukan aksi seperti yang dimbau dalam iklan akan mendatangkan sangat banyak manfaat kepada konsumen dan juga masyarakat secara umum. Terlepas dari apakah deskripsi merupakan fakta atau sekadar deskripsi bombastis tentang fakta itu, jika iklan mampu memunculkan persepsi dan aksi positif itu, maka retorika iklan itu telah mencapai tujuan bisnis. Bagian dalam iklan, secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua bagian pokok, yaitu bagian deskripsi dan bagian direktif.

2. http://www.ums.edu.my/webv3/appl/downloadfiles/E.%20TOPIK%205.ppt


Untuk menyampaikan maklumat berkesan

Pemberitahuan fakta yang jelas amat dipentingkan

Ayat ringkas dan pendek (banyak guna kata sifat)

Sifat bahasa adalah imaginatif dan kreatif

Penggunaan bahasa retorik

Tidak mementingkan tatabahasa

Guna pernyataan tertentu

Iklan ini termasuk iklan menipu dan biasanya dengan tanda asterisk (*). Kalau tampak dari kejauhan sejauh mata memandang, atau kalau sekilas waktu baca dan waktu lihat, maka tanda asterisk ini enggak “bunyi”. Justru pengiklan yang tak beretika memang bermaksud mengecoh konsumen. Oleh karena itu, tanda asterisk (*) jadi obat penawar yang mujarab.Tahu-tahu berlalunya waktu cepat sekali, eh konsumen yang disasar — setelah terpaku pada bunyi iklan yang menarik hati itu — sudah berada di depan barang yang diiklankan. Siap beli, siap ambil, dengan catatan tanda asteriks menunjukkan bahwa barang yang diiklankan hanya produk tertentu, misalnya.
2.
Iklan inden (dan berhadiah)
Nah ini dia ada iklan terbaru dengan mobil dan motor terbaru, terkini, terandal. Sekarang cobalah amati dengan cermat, selain bisa inden, artinya pembeli bisa pesan dulu, eh ndilalah berhadiah pula. alamak. Puri gonggo, kelelawar bulu kuduk, gajah bleduk, itu iklan betul-betul akal-akalan pengiklan memasuki era TIK. Dahsyat sekali pengaruh iklan produk inden! Calon pembeli sungguh-sungguh terpuaskan membeli produk yang belum ada barang. Di tangan produsen barang yang dijual sebetulnya belum ada, kalau toh ada sebagai sample atau contoh produk. Lantas, sebagai tanda jadi atas pembelian barang yang ditawarkan, patut dan sepantasnya pembeli menerima hadiah. Busyettt, …. luarbiasa. Strategi pengiklan yang strategis dan jitu. Biasanya strategi penjual memuaskan dan mengikat pembeli membuat produsen memiliki modal usaha dan modal kerja diawal. Vitamin D alias duit yang masuk dari barang inden sudah cukup untuk mengetahui jumlah mobil dan motor yang harus diproduksi, misalnya.
3.
Iklan berhadiah bagi 1.000 pembeli pertama
Bagi seribu pembeli pertama pastilah hadiah siap ditangan. Jangan ragu, berapa pun pembeli yang masuk ke penjual, jumlah seribu cukup sulit mendeteksinya. Apalagi kalau unit usaha bercabang-cabang. Hadiah menyebar ke pembeli belum bisa merata, kalau hadiah habis, penjual bisa meminta lagi ke cabang yang lain. Pokoknya, seribu pembeli pertama tampaknya tiada hitungan yang masuk akal. Alat ukur yang dipakai untuk mengetahui seribu pembeli pertama tercapai masih masuk kategori akal-akalan penjual plus pengiklan.
4.
Iklan bersyarat dan ketentuan berlaku
Teks syarat dan ketentuan berlaku letaknya tersimpan, di sudut, di tengah, dan kecil ukuran jenis hurufnya. Pembeli mula-mula senang begitu iklannya merasuk ke relung hati hingga sampai pada rencana atau respons untuk memiliki barang. Namun, ketika tiba pada ayat syarat dan ketentuan berlaku, banyak calon pembeli jadi kecewa ketika ketentuan dan syarat itu tidak ada pada diri pembeli. Apa lacur, si calon pembeli sudah ada di depan penjual.
5.
Iklan berbonus pulsa
Lagi-lagi daya tarik iklan dengan memberi bonus pulsa kian menjadi-jadi. Sekali kirim surat-menyurat singkat atau SMS dengan vendor atau operator, bonus pulsa ada ditangan. Bonus ada ditangan setelah kirim-mengirim berkali-kali atau terjadi jika pengirim menjawab pertanyaan yang muncul dari perusahaan penyelenggara. Kalau pengirim menuruti perintah dengan teratur, bonus barulah diberikan. Jenis bonus ini tidak konkret karena pengirim wajib menunggu otorisasi penyelenggara.

6. Iklan hanya barang tertentu

Sale 50% wah gede banget, lumayanlah. Harga sepatu asli buatan negeri paman Sam berbanderol Rp300.000, misalnya kalau diskon 50% bukan main murahnya. Pola iklan ini mujarab untuk mengecoh calon pembeli. Setelah menimang-nimang, menimbang-nimbang, akhirnya memilih barang yang cocok, sampai di kasir bukan rasa senang yang muncul, melainkan rasa kecewa. Apalagi kalau rasa kecewa ini baru muncul di rumah kediaman atau tempat tinggal alias saat tiba di rumah. Dua kali lipat rasa kecewa muncul. Begitu komplain, balik lagi ke penjual, ternyata betullah harga yang digesek berlaku tanpa diskon. Lalu telusuri saja kenapa hal itu terjadi? Jawabannya mudah saja. Diskon hanya berlaku pada produk tertentu. Cuma teks produk tertentu seperti tampak pada dua foto di atas karya Wisnu Nugroho, redaktur Info Komputer di Wisma Kota BNI 46 Jenderal Sudirman Jakarta sebagai bukti iklan atau billboard/poster pengecoh untuk calon pembeli yang salah alamat, tapi sudah sudi mampir di gerai penjual berdiskon gede.

4. http://aanchoto.com/2009/10/kedudukan-bahasa-indonesia/

Ragam bahasa iklan : Ciri-cirinya bergaya bahasa hiperbola, persuasive dan berkalimat menarik.

5. http://etd.eprints.ums.ac.id/5659/1/A310050072.PDF

Bahasa yang digunakan dalam iklan dibuat dengan mengandung daya persuasif yang komunikatif. Bahasa iklan merupakan salah satu wujud ragam bahasa jurnalistik, yaitu ragam bahasa yang digunakan oleh insan kreatif, dalam hal ini wartawan, untuk penerbit pers. Ragam tersebut mengandung daya informatif persuasif yang secara konsensus harus memilih kata-kata yang dimengerti oleh khalayak pembaca. Di samping memiliki daya informatif persuasif, ragam bahasa jurnalistik juga mempunyai sifat khas yang menjadi karakteristiknya, yakni singkat, padat, lancar, sederhana, lugas, netral, dan menarik.
Gorys Keraf (2004: 24) mengungkapkan bahwa kata merupakan bentuk atau unit paling kecil dalam bahasa yang mengandung konsep atau gagasan tertentu. Dalam kegiatan komunikasi, kata-kata dijalinkan menjadi satu dalam suatu kontruksi yang lebih besar berdasarkan kaidah-kaidah sintaksis yang ada dalam suatu bahasa. Untuk menyatakan kata-kata mana yang dipakai untuk mengungkapakan suatu ide atau gagasan, seorang penutur harus memperhatikan ketepatan kata yang akan digunakan. Pilihan kata atau diksi mencakup pengertian kata-kata mana yang dipakai untuk menyampaiakan suatu gagasan, akan tetapi pilihan kata tidak hanya mempersoalkan apakah kata yang dipilih itu dapat diterima atau tidak merusak suasana yang ada. Sebuah kata yang tepat untuk menyatakan maksud tertentu perlu diperhatikan kesesuaian dengan situasi yang dihadapi. Dalam hal ini diperlukan gaya yang tepat digunakan dalam suatu situasi. Gaya bahasa merupakan cara menggunakan bahasa. Gaya bahasa sebagai bagian dari diksi bertalian dengan ungkapan-ungkapan yang individual atau karakteristik, atau yang memiliki nilai artistik yang tinggi (Gorys Keraf, 2004: 23). Dengan gaya bahasa memungkinkan kita dapat menilai pribadi, watak, dan kemampuan seseorang yang mempergunakan bahasa itu. Diksi dan gaya bahasa ini juga dapat dimanfaatkan dalam pemikiran strategis dan perencanaan naskah, salah satunya yakni naskah iklan.

STOP VIOLENCE AGAINST CHILDREN



Peringatan di atas banyak tersebar dimana-mana dengan kejadian yang mencakup anak-anak, terlebih anak-anak di bawah umur. Mereka yang selalu menjadi korban kekerasan atas manusia dewasa, terlebih oleh orangtua merreka yang menindak lanjuti mereka dengan kekerasan.

Tiadakah arti berharga bagi mereka akan anak-anaknya yang seharusnya mereka sayang bukan hanya sekedar untuk mereka siksa? Adakah keuntungan dari mereka dengan menyiksa anak mereka? Tidakkah hadirnya sang anak merupakan kebahagian bagi orangtua? Lalu akan hal apa mereka melakukan penyiksaan terhadap anak mereka?

Tersebar dalam sebuah berita, ada seorang ibu yang tega membunuh anaknya yang baru saja lahir di dunia, belum selang satu bulan bayi tersebut mendapatkan indahnya hidup, namun dengan tega ibu tersebut lantas membunuh anaknya begitu saja. Tersirat kabar bahwa sang ibu melakukan hal tersebutt dikarenakan fakktor biaya yang ia tidak akan mampu membiayai bayinya tersebut.

Selain itu, ada lagi sang ibu yang membuang bayinya di tempat yang kemungkinan di jamah orang untuk menemukannya. Hal ini di karenakan factor biaya (LAGI) yang membuat sang ibu nekat melakukan hal tersebut.

Berbeda dengan faktor dan segi penyiksaan di atas, tersebar dalam berita dimana seorang anak yang di siksa dengan di cambuk dan di pukuli oleh sang ibu hanya karna sang ayah meninggalkan si ibu dan juga anak-anaknya. Entah apa yang ada di benak ibu itu hingga dengan teganya membuat sakit anaknya dengan kedua tangannya. Sang ibu pun lantas pergi dengan meninggalkan kedua anaknya yang berumur sekitar 9tahun dan 1tahun tanpa membekalkan anaknya apapun.

Terasa mengiris hati bagi saya ketika melihat siaran berita-berita di atas. Tidakkah seorang ibu haruslah memiliki hati yang baik untuk anak-anak mereka, bukankah seorang ibu harusnya menjaga anak-anak mereka? Namun mengapa para ibu di atas melakukan hal yang tidak sepantasnya kepada anak-anaknya? para anak membutuhkan kasih sayang serta pendidikan yang pantas, bukan kekerasan dan penyiksaan yang seharusnya mereka terima..

yahh, namun begitulah hidup, bukanlah hidup namanya apabila tidak ada masalah yang datang. Akan tetapi, dari setiap masalah, entah itu masalah keuangan, masalah apapun pasti akan ada jalan keluar :))

DELL STREAK

HEEERRGGHH I REALLY REALLY WANT THIS!!!!








Dell released plans for Streak, a 5-inch Android™-based Tablet designed to provide people the best “on-the-go” entertainment, social connection, and navigation experience. Early this June the Dell Streak will be available across the UK at O2 stores, O2.co.uk, The Carphone Warehouse, and later in the month at Dell.co.uk. Pricing and data plans for the UK will be announced by O2 ahead of availability. Later this summer, Dell plans to make Streak available in the U.S.

The Dell Streak is a compact and powerful companion for people who want to expand their ability to access their digital lives on the go, and realize tomorrow’s technology today. The spacious 5-inch screen is ideal for experiencing thousands of Android Market™ widgets, games and applications, all without squinting or compromising portability. Built-in Wi-Fi, Bluetooth and available 3G connectivity brings easy access for downloading and listening to music, updating social networking status in real-time, and staying connected to friends and family through e-mail, text, IM, and voice calls.

On-the-go students, mobile professionals, and active families will find Streak’s web-browsing capabilities as natural as a laptop. The 5-inch screen is large enough to present Web pages in their natural form, create a comfortable viewing experience, and make turn-by-turn navigation simple and safe. The Dell Streak leverages Qualcomm’s Snapdragon™ solution with integrated 1GHz processor to combine basic functionality, performance, and benefits of a laptop in a pocket friendly size. Dell Streak Navigation Screen

“The Dell Streak hits the sweet spot between traditional smartphones and larger-screen tablets,” said Ron Garriques, president, Dell Communication Solutions Group. “Its unique size provides people new ways to enjoy, connect, and navigate their lives.”

The Dell Streak was designed with the future in mind and will support over-the-air updates including platform upgrades, Adobe Flash 10.1 on Android™ 2.2 later this year, video chat applications and other software innovations.

Dell is a member of the Open Handset Alliance™ (OHA), a group of technology and mobile companies working together to accelerate innovation in mobility. Together, the OHA created Android, the first complete, open, and free mobile platform to provide people a richer, less expensive, and better mobile experience.

Key Features:

  • Integrated Google Maps™ with turn-by-turn navigation, street and satellite views
  • A full screen browsing experience with a 5-inch capacitive multi-touch WVGA display
  • Easily integrated social media apps: Twitter™, Facebook, YouTube
  • High resolution 5 MP camera, VGA front facing camera, removable battery, built-in Wi-Fi, 3G and Bluetooth connectivity options
  • 2GB* of internal dedicated storage provides plenty of space to access and download Google Android Market’s many options
  • Packaged with cushions made from 100 percent sustainable, compostable bamboo

Specifications:

  • Android platform complete with Android Market and Dell user interface enhancements
  • ARM-based Processor: Qualcomm’s powerful and efficient Snapdragon chipset and software platform with integrated 1GHz processor
  • 3G + WiFi + Bluetooth
  • UMTS / GPRS / EDGE class 12 GSM radio with link speeds of up to HSDPA 7.2 Mbps1 / HSDPA
  • 5 MP autofocus camera with dual LED flash. Easy point, shoot, and uploads to YouTube, Flickr, Facebook and more
  • User accessible Micro SD expandable memory available up to 32 GB2. Store up to 42 movies2 or 32,000 photos2, or 16,000 songs2 with 32GB* Micro SD
for more info :
http://www.dell.com/us/p/mobile-streak/pd